(0362) 25887
disdukcapil@bulelengkab.go.id
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

AUDENSI KE IBU KADIS TERKAIT RENCANA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN (bagian I)

Admin disdukcapil | 16 Desember 2019 | 484 kali

Berita Disdukcapil I 16 Desember 2019

Berawal dari beberapa pengaduan yang di dapat baik langsung maupun tidak langsung terhadap pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil yang dilakukan oleh masyarakat untuk mengurus administasinya secara  langsung ke ruang pelayanan antara lain seperti ;

Untuk kepuasan pelanggan eksternal

  1. Pengurusan 1 produk memang bisa 1 jam selesai tetapi apabila itu 1 paket seperti Akta kelahiran / Akta Perkawinan, KK dan KIA itu bisa memakan waktu 1 hari bahkan bisa 2 hari kalau nomor nya sudah habis
  2. Waktu masyarakat untuk mengurus administrasinya tersita karena tidak bisa 1 hari.
  3. Merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan karena alur yang dirasakan panjang.
  4. Bingung dengan loket loket yang tersedia, karena beda – beda dalam kepengurusan dokumen.

Untuk kepuasan internal ;

  1. Memerlukan SDM banyak
  2. Peralatan lebih
  3. Waktu penyelesaian dokumen lama dan panjang.

Pihak manajemen mendengar berbagai keluhan tersebut dan sejak dulu ada wacana untuk membuat pelayanan yang dekat dengan masyarakat, yang bisa membahagiakan masyarakat, mempermudah alur, mempersingkat prosedur, dan lebih terukur.

Oleh karena itu pada audensi pada hari senin tanggal 16/12/2019 bertempat di ruang Kadis Dukcapil dan dipimpin dan dibuka langsung oleh Kadis Dukcapil Kabupaten Buleleng, Putu Ayu Reika Nurhaeni, S.Sos, didampingi oleh Sekretaris Dinas beserta Kabid Dafduk, Kabid Inovasi, Kasi SIAK dan Kasubag Umpeg memberikan rencana yang sebelumnya telah melalui diskusi panjang dan matang kami akan menindaklanjuti rencana ini dengan stake holder seperti para Kabid, para Kasi, ADB, sampai staf Operator yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan pelayanan ini, dan tentu juga masukan masukan dari masyarakat. Pertimbangan pertimbangan lain juga telah kami diskusikan seperti, supporting system (SDM dan Peralatan), waktu, alur pelayanan, sampai dengan memikirkan apakah nantinya dengan pelayanan ini jalan bisa mengatasi keluhan – keluhan yang ada.

 

Rapat akan masih terus berlangsung

Diskusi diskusi akan tetap disambung

Ide ide yang muncul, gagasan gagasan yang mendukung

Akan kami tampung, kami bendung

sehingga bisa membuat citra pelayanan dukcapil melambung.

sekian dan tulisan ini bersambung. (detr4)