(0362) 25887
disdukcapil@bulelengkab.go.id
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Inovasi Kucata’Ki dan Jenang Dukcapil Berimbas Positif Tingkatkan Kesejahteraan Penduduk

Admin disdukcapil | 24 Maret 2021 | 500 kali

Inovasi Kucatat’Ki milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduckapil) Kota Makassar dan Jejaring Pelayanan yang Menyenangkan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Jenang Dukcapil) milik Disduckapil Kabupaten Kudus berimbas luas, meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dua daerah tersebut.

Dijelaskan Kepala Disduckapil Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady, invoasi Kucata’Ki yang dalam bahasa Makassar sebetulnya berarti “kami mencatat”, pada awalnya didesain untuk meningkatkan cakupan kepemilkan akta kelahiran.

“Inovasi ini sebenarnya diiniasi tahun 2018 untuk meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran yang masih di bawah target. Alhamdulillah setelah melibatkan berbagai penyedia layanan persalinan melalui program Kucata’Ki ini, cakupan pelayanan menjadi meningkat drastis di atas target,” ujar Aryati di acara Ngopi Bareng Dukcapil, TV Desa, Rabu (24/03/2021).

Setelah adanya kerja sama dengan Dinas Kesehatan pada 2019 silam, lanjut Puspa, inovasi Kucata’Ki menjadi berkembang dengan menyediakan dua slot data baru, yakni untuk pendataan kematian sebagai basis autopsy verbal, dan pendataan kehamilan serta persalinan.

“Autopsi verbal ini menjadi penting bagi Dinas Kesehatan untuk men-tracking penyebab kematian terbesar di Kota Makassar sehingga dapat dilakukan pembenahan pada aspek kesehatan penduduk,” tutur Puspa.

“Pun halnya dengan pendataan kehamilan serta persalinan, ini penting kaitannya dalam rangka menangani stunting juga resiko kehamilan ibu hamil lainnya,” tambah Puspa.

Di kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus, Eko Hari Djatmiko, menjelaskan bahwa inovasi Jenang Dukcapil di daerahnya menjadi penting untuk meningkatkan kebahagiaan masyarakat melalui pelayanan administrasi kependudukan yang mudah dan cepat.

Eko menjelaskan bahwa inovasi Jenang Dukcapil ini sebetulnya merupakan penyediaan pelayanan berbasis online yang dapat diakses melalui aplikasi berbasis android, maupun website.

“Alhamudlillah dengan pelayanan online ini masyarakat betul-betul mendapat kemudahan, dan juga bisa mengantisipasi terkait adanya pungli adanya calo dsb,” ujar Eko.

Terhadap dua invoasi tersebut, Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri, Erikson P. Manihuruk, mewakili Direktur Jenderal Dukcapil, menyampaikan apresiasinya. Menururtnya, dua inovasi tersebut sudah bagus sekali dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan.

“Inovasi-inovasi yang ada sudah sejalan dengan visi besar Dukcapil yaitu membahagiakan masyarakat. Sebab dengan dua invoasi ini, masyarakat dapat mengakses pelayanan dimana pun dan kapanpun,” tuturnya.

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/697/inovasi-kucataki-dan-jenang-dukcapil-berimbas-positif-tingkatkan-kesejahteraan-penduduk