(0362) 25887
disdukcapil@bulelengkab.go.id
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Inovasi E-Open dan Si Kancil Berlari Dukcapil Efektif Berantas Calo dan Pungli

Admin disdukcapil | 12 Maret 2021 | 712 kali

Jakarta - Inovasi pelayanan administrasi kependudukan secara digital milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi yaitu E-Open, dan inovasi Sistem Kependudukan Catatan Sipil Berintegrasi Layanan Prima (Si Kancil Berlari) milik Disdukcapil Kota Bogor dinilai efektif memberantas calo dan pungli.

Disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Taufiq Rahmat Hidayat, inovasi E-Open membuat masyarakat dapat sepenuhnya mandiri mengurus berbagai kebutuhan dokumen kependudukan. Pasalnya, dengan aplikasi berbasis android ini, seluruh proses mulai dari uoload persyaratan hingga pencetakan dokumen kependudukan bisa dilakukan di rumah.

“Terjadinya peralihan dari pelayanan tatap muka ke digital ini telah membantu kami secara sistemik untuk memberantas calo dan pungli dalam layanan administrasi kependudukan di Kota Bekasi”, ujar Taufiq di acara Ngopi Bareng Dukcapil, TV Desa, Jumat (12/03/2021).

“Adapun bagi warga yang belum bisa mengaplikasikan E-Open, kami telah menyiapkan petugas Pamor (Pemantauan dan Monitoring) yang tersebar di seluruh RW di Kota Bekasi untuk membantu warga mengoperasikan layanan E-Open,” ujar Taufiq menambahkan.

Serupa dengan E-Open, aplikasi Si Kancil Berlari milik DIsdukcapil Kota Bogor juga dimotivasi oleh peningkatan kualitas layanan berbasis digital.

“Lahirnya Si Kancil Berlaki ini berangkat dari masalah kami, bahwa sebelumnya pelayanan administrasi kependudukan di Kota Bogor itu penuh calo. Warga dibuat berputar-putar. Itu kondisi faktualnya kala itu,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko, yang juga memberikan keterangan di acara Ngopi Bareng Dukcapil hari ini.

“Setelah Si Kancil Berlari dilaunching Juni 2019 silam, alhamdulillah produktifitas kami meningkat, namun intensitas tatap muka drastis berkurang. Rata-rata 500 pelayanan per hari kami lakukan secara digital melalui Si Kancil Berlari,” tambah Sujatmiko.

Terhadap dua inovasi berbasis digital tersebut, Direktur Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya. Zudan mengajak agar dua inovasi yang luar biasa tersebut dapat menjadi pendorong Disdukcapil di daerah lainnya untuk juga meningkatkan kualitas pelayanan.

“Untuk Disdukcapil di daerah lainnya, silahkan untuk melakukan studi-banding, melakukan replikasi pelayanan dengan tetap melihat lokalitas dari daerah anda sendiri”, ajak Zudan.

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/690/inovasi-e-open-dan-si-kancil-berlari-dukcapil-efektif-berantas-calo-dan-pungli