(0362) 25887
disdukcapil@bulelengkab.go.id
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Inovasi SELALU SAMAWA dan Layanan Berbasis Komunitas Dukcapil Permudah Masyarakat Urus Dokumen Kependudukan

Admin disdukcapil | 15 Maret 2021 | 631 kali

Jakarta - Inovasi SELALU SAMAWA yang merupakan akronim dari Setelah Melangsungkan Akad Semua Dokumen Langsung Dibawa milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang dan inovasi Layanan Berbasis Komunitas milik Disdukcapil Kota Tasikmalaya mempermudah masyarakat mengurus berbagai dokumen kependudukan terkait.

Disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Padang Panjang, Maini, inovasi SELALU SAMAWA pada dasarnya memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang baru menikah untuk langsung mendapatkan dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el yang baru.

“Pada saat calon pengantin mengajukan permohonan nikah ke KUA (Kantor Urusan Agama), petugas KUA mengirimkan berkas calon pengantin ke Disdukcapil untuk diproses dokumen kependudukannya sehingga setelah akad pengantin bisa langsung menerima dokumen,” rinci Maini di acara Ngopi Bareng Duckapil, TV Desa, Senin (15/03/2021).

“Inovasi yang dilaunching tanggal 4 Januari 2020 ini, memiliki dua tujuan, yakni mempermudah masyarakat, dan melakukan updating data kependudukan khususnya data mengenai status perkawinan penduduk,” ujar Maini menambahkan.

Di kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Imih Misbahul Munir, menyampaikan inovasi Layanan Berbasis Komunitas pada dasarnya adalah optimalisasi layanan online melalui aplikasi whatsapp grup di tiap-tiap kelurahan.

Pemilihan aplikasi whatsapp ditujukan untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat, dengan berbagai keragaman tingkat kemampuan mengoperasikan teknologi komunikasi dan informasi, di tengah tantangan pandemi Covid-19.

“Melalui grup whatsapp ini, seluruh masyarakat bisa langsung menyampaikan kebutuhan dan keluhan seputar administrasi kependudukan karena di dalam grup tersebut terdapat admin yang merupakan petugas Disdukcapil Kota Tasikmalaya,” ujar Imih.

“Dalam hal permohonan dokumen kependudukan kecuali KTP-el, permohonan dapat langsung diproses petugas yang hasilnya dapat dikirimkan melalui kurir Go Dokumen Disdukcapil Kota Tasikmalaya,” tambah Imih.

Di kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Ariif Fakrulloh, menyampaikan apresiasinya.

Menurutnya, inovasi SELALU SAMAWA penting untuk menciptakan iklim layanan adminduk yang dekat dan suportif terhadap pembenahan data kependudukan secara berkelanjutan.

“Adapun inovasi Disdukcapil Kota Tasikmala, ini inovasi sederhana yang memiliki daya pengungkit besar karena membuka ruang komunikasi yang selama ini tersumbat,” ujar Zudan.

“Ini penting untuk melakukan kanalisasi masalah agar tidak keluar dan tidak diperdebatkan di ruang publik seperti di FB, twitter, dsb,” katanya menutp perbincangan. Dukcapil***

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/691/inovasi-selalu-samawa-dan-layanan-berbasis-komunitas-dukcapil-permudah-masyarakat-urus-dokumen-kependudukan