Tupoksi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 2546 Pengunjung

 Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Bupati Buleleng Nomor : 54 tahun 2008 tanggal 08 September 2008, tentang Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng adalah sebagai berikut :
 
Tugas Pokok : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan Otonomi Daerah dibidang penyelengaraan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
 
Fungsi : Untuk melaksanakan Tugas Pokok tersebut diatas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng menyelengarakan fungsi :
 
  1. Perumusan kebijakan teknis dibidang administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berdasarkan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Bupati.
  2. Pembinaan umum dan Teknis berdasarkan Kebijakan Bupati.
  3. Penyelengaraan pelayanan umum dibidang administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  4. Pendaftaran dan penertiban kartu keluarga, kartu tanda penduduk, pemberian nomor induk kependudukan dan pencatatan mutasi penduduk.
  5. Pencatatan dan penertiban kutipan akta kelahiran, akta perkawinan,akta perceraian bagi yang bukan beragama islam, akta kematian, akta anak ibu, rapat akta pengakuan anak dan pengesahan anak yang telah memperoleh putusan Pengadilan Negeri yang mempunyai kekuatan Hukum tetap.
  6. Pelaksanaan penyuluhan, penyiapan, pengolahan, pemeliharaan, penyajian serta pengelolaan data penduduk dan pencatatan sipil.
  7. Pembinaan terhadap unit pelaksanaan teknis dinas.
  8. Pengelolaan Tata Usaha Dinas.
Share Post :